Rabu, 15 Juni 2016

Menanti Hari Esok

Menanti Hari Esok
Dulu saat masih SD Aku satu sekolah dgn abangku yg cukup nakal saat itu. Aku masih ingat, dulu sekolah kami ada ruangan kecil yg dijadikan perpustakaan meskipun administrasi dan susunan bukunya tak jelas dan hari bukanya yg tdk menentu, kalaupun buka biasanya yg menjaganya adalah siswa yg cukup dekat dgn guru.
Abangku yg cukup nakal itu pernah menilap buku dari perpustakaan itu, bukan hanya sekali seingatku, tapi lumayan seringkali.
Kuakui, saat masih SD buku adalah sesuatu yg sangat berharga bagi kami, maklumlah sangat jarang buku bacaan saat itu. Kalau ada bacaan aku sering lupa waktu (adik2ku jg sekarang seperti itu), lupa makan dan lupa pekerjaan lainnya, tidak puas sebelum selesai dibaca semuanyadan biasanya buku yg siap dibaca akan tergeletak begitu saja.
Dulu saat pulang sekolah, dgn diam-diam agar tdk ketahuan, memeriksa tas abangku adalah hobyku berharap ada buku baru yg akan dibaca karena selain sering menilap dari perpus, abangku jg sering tukar menukar buku dgn temannya, meminjam buku temannya, semua buku, termasuk pelajaran, serial kungfu seperti Tiger Wong, Tapak Sakti, Pukulan Geledek, seri pencak silat, komik gareng petruk dan buku komik silat yg cukup tebal.. Bahkan seingatku kami jg pernah punya koleksi serial kungfu yg cukup banyak dan sekarang sudah menghilang semua.
Sebenarnya abangku jg suka membaca, karna itulah mungkin dia sering mengambil buku dari perpustakaan dan mengembalikannya diam2 jg kalau sudah siap dibaca karena biasanya buku perpus selalu ada stempelnya..
Ada satu buku yg judulnya masih terus kuingat, sebuah cerita yg sangat berkesan berbentuk novel yg penulisnya aku tidak ingat berjudul Menanti Hari Esok.
Seingatku cerita itu menggunakan sudut pandang orang pertama dari seorang anak kecil, berkisah ttg sebuah keluarga yg tinggal disebuah perkampungan dan menjalani kehidupan sehari-hari, mengalami banjir, jg ttg persahabatannya dan lain sebagainya dan ceritanya diakhiri dgn happy ending..
Yg menarik dari cerita tsb adalah tokoh utama yg selalu percaya akan hari esok, optimis dan menunggu hari esok hingga hari esok datang dgn sebuah kepastian.
Aku tidak tau, entah buku itu masih ada atau tidak sekarang diperpustakaan, tp mengingat buku itu mengingatkanku bahwa masih ada hari esok.
Buku itu, yg ditilap abangku dari perpustakaan SD, buku yg kubaca berulang2, ternyata membuatku mengulasnya saat ini.
Sepertinya aku ingin lagi menghabiskan waktu dgn membaca ulang buku itu hingga hari esok datang menemuiku..
02062016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arah Dairi Kedepannya

                                                     Arah Kabupaten Dairi Kedepannya Sebagai penduduk Kabupaten Dairi yang sedang merantau, ...